Pendidikan Matematikan Realistik dikembangkan berdasarkan
pemikiran Hans Freudental yang berpendapat bahwa matematika merupakan aktivitas
insani ( mathematics as a human activity) yang harus dikaitkan dengan
relitas kehidupan.. berdasarkan pemikiran tersebut, PMRI mempunyai ciri antara
lain bahwa dalam proses pembelajaran siswa harus diberikan kesempatan untuk
menemukan kembali (to reinvent)
matematika melalui bimbingan guru, dan bahwa penemuan kembali (reinvention)
ide konse matematika tersebut harus dimulai dari penjelajahan berbagai situasi
dan persoalaan “dunia riil”.
Freudental berkeyakinan bahwa siswa tidak boleh
dipandang sebagai penerima pasif matematika yang sudah jadi. Menurutnya pendidikan
harus mengarahkan siswa kepada penggunaan berbagai situasi dan kesempatan untuk
menemukan kembali matematika dengan cara mereka sendiri. Banyak soal yang dapat
diangkat dari berbagai konteks (situasi) yang dirasakan bermakna sehingga
menjadi sumber belajar yang baik dan menyenangkan.
Disini saya akan memberikan contoh pembuatan RPP dan Lembar Kerja SIswa (LKS)mdan worksheet dalam Pembelajaran dengan metode PMRI dengan materi "Perubahan Volum Balok"
silahkan Download disini untuk RPP
silahkan Download disini untuk LKS
0 komentar:
Posting Komentar