Senin, 12 Desember 2011

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

My Daily Prophet


Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Berarti, bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Belajar merupakan kegiatan sehari-hari bagi siswa sekolah. Kegiatan belajar tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain.
Menurut istilah dari seorang ahli, belajar adalah “Suatu proses di mana  suatu tingkah laku ditimbulkan atau diperbaiki melalui serentetan reaksi atas situasi (atau rangsang) yang terjadi” (Ahmad Fauzi : 2004). Hal penting yang diperlukan dalam proses belajar adalah sebuah motivasi. Dengan adanya motivasi belajar siswa akan tetap bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar merupakan suatu keadaan atau kondisi yang mendorong, merangsang atau menggerakan seseorang untuk belajar sesuatu atau atau melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.
Motivasi belajar tiap-tiap siswa tidak sama, ketidaksamaan itu disebabkan oleh banyak hal mempengaruhi, sehingga ia dapat belajar dengan baik atau sebaliknya gagal sama sekali. Demikian juga halnya dengan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika, ada siswa yang motivasinya tinggi dan ada juga yang rendah. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajarnya dalam mata pelajaran Matematika.
Pada umumnya, para siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang menakutkan. Salah satu hal yang menyebabkan anggapan ini berkembang ialah karena kurangnya pengetahuan para tenaga pengajar mengenai cara mengajar matematika yang menyenangkan. Beranjak dari permasalahan tersebut, penulis mencoba memaparkan masalah ini dalam suatu makalah dengan harapan dapat bermanfaat baik bagi pendidik maupun peserta didik dalam proses belajar dan pembelajaran.

 Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Bagaimana Cara meningkatkan motivasi belajar matematikas siswa SMP, anda bisa mengdownload makalah dibawah ini.
Untuk mendownload silahkan klik dibawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar