Senin, 11 Juni 2012

RPP PMRI mengenai Perubahan Volum Balok



Pendidikan Matematikan Realistik dikembangkan berdasarkan pemikiran Hans Freudental yang berpendapat bahwa matematika merupakan aktivitas insani ( mathematics as a human activity) yang harus dikaitkan dengan relitas kehidupan.. berdasarkan pemikiran tersebut, PMRI mempunyai ciri antara lain bahwa dalam proses pembelajaran siswa harus diberikan kesempatan untuk menemukan kembali (to reinvent)  matematika melalui bimbingan guru, dan bahwa penemuan kembali (reinvention) ide konse matematika tersebut harus dimulai dari penjelajahan berbagai situasi dan persoalaan “dunia riil”.
Freudental berkeyakinan bahwa siswa tidak boleh dipandang sebagai penerima pasif matematika yang sudah jadi. Menurutnya pendidikan harus mengarahkan siswa kepada penggunaan berbagai situasi dan kesempatan untuk menemukan kembali matematika dengan cara mereka sendiri. Banyak soal yang dapat diangkat dari berbagai konteks (situasi) yang dirasakan bermakna sehingga menjadi sumber belajar yang baik dan menyenangkan.


Disini saya akan memberikan contoh pembuatan RPP  dan Lembar Kerja SIswa (LKS)mdan worksheet dalam Pembelajaran dengan metode PMRI dengan materi "Perubahan Volum Balok"
silahkan Download disini untuk RPP
silahkan Download disini untuk LKS 

0 komentar:

Posting Komentar